Thursday, September 8, 2011

Sumber Penghasilan di Bisnis Online (bagian 2)


Hai sobat....jumpa lagi dengan akang dalam program “Akang Berbagi” he...he...(just kidding...). Pada postingan sebelumnya, akang telah bahas Sumber Penghasilan di Bisnis Online bagian 1. Nah, sekarang kita akan bahas sama-sama (maksud akang..., sobat bisa langsung kirim komentar serta koreksinya ya...) sumber lain yang memiliki potensi yang luar biasa untuk mendatangkan rupiah ke kantong kita.


Apakah itu...? yuk, marii.....Yang ketiga, Menjual Jasa atau Layanan ((apapun dech, yang penting legal & halal). 
Jasa atau Layanan yang dapat sobat jual antara lain :

-        Jasa Pembuatan Website atau Blog
-        Jasa Pembuatan e-Book atau Artikel
-        Jasa yang berhubungan dengan Desain Grafis
-        Jasa SEO (mendongkrak ranking web di mata search engine)
-        Jasa Pembuatan Surat Penawaran (sales letter)
-      Jasa Penjualan Membership/keanggotaan (misalnya Kursus Online untuk bidang-bidang yang sobat kuasai dan expert di bidang tersebut).
     Jasa Penterjemah dan lain-lain.

Untuk dapat menekuni bidang ini, sobat harus memiliki keterampilan atau keahlian yang mumpuni agar mendapat relibilitas (releable) dari market yang sobat bidik. Dengan kata lain pada bidang ini, sobat benar-benar menjual keahlian yang dimiliki dan sangat dibutuhkan pasar.

Yang keempat, Bidang Periklanan (advertizing).
Untuk menekuni bidang yang satu ini, sobat harus memiliki website iklan yang akan menjadi fasilitator antara si pemilik produk (fisik atau jasa) dengan calon pembelinya. Pemilik produk akan membayar sobat untuk menempatkan iklan mereka di website sobat tersebut pada rentang waktu tertentu sesuai kesepakatan dan aturan-aturan yang telah sobat susun sebelumnya. Singkatnya seperti sobat memiliki koran atau stasiun TV, setiap yang memasang iklan tentu harus membayar, bukan?. Ada banyak contoh untuk bidang ini, umumnya masuk ke kategori PTC (Paid To Click) atau PPC (Pay Per Click). Sesuai namanya, PTC mengandung arti bahwa kita akan dibayar jika mengklik iklan tertentu sesuai aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh si pemilik. Misalnya, durasi minimal membaca iklan tersebut dan atau tidak diperbolehkan membuka lebih satu iklan sekaligus.

PPC mengandung arti bahwa  pihak ketiga akan membayar setiap anggotanya untuk
menampilkan iklan di website para anggota tersebut. Bila terjadi klik iklan di website anggota tersebut, maka si pemilik website akan mendapat bayaran dengan jumlah tertentu, mulai dari sekian sen hingga puluhan dollar. Yang masuk ke dalam kategori ini salah satunya Google Adsense (internasional dan hingga saat ini terbesar sejagat) dan untuk tingkat lokal (nasional) diantaranya  adalah AdsenseCamp, kumpulblogger dan kliksaya.

Yang kelima (sementara terakhir pada postingan ini), yaitu Menjual Website.
Menjual website layaknya menjual rumah. Website adalah rumah dengan alamat tertentu (domain) di dunia internet. Ada syarat-syarat tertentu agar sebuah website layak jual, antara lain jumlah pengunjungnya sudah banyak dengan penghasilan yang besar (page rank yang tinggi, ranking alexa yang “kurus/kecil”), namanya unik dan seo friendly.

Nah sobat, sementara sampai disini dulu ya.. silaturami dari akang. Semoga ada manfaatnya dan jangan lupa tinggalkan komentar demi menambah ilmu akang yang masih tergolong newbie dalam menulis postingan blog sederhana ini. Wassalam.....

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

 

Recent Comments

Recent Posts

AutoBacklinkGratisFree Promotion LinkFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service

Tentang Akang

My Photo
Herman Somantri
Bandung, Jawa Bagian Barat, Indonesia
Belajar berbagi dan berbisnis Online
View my complete profile

KIBLAT BISNIS

Kiblat Tepat Belajar Bisnis Online Bagi Pemula | Template Ireng Manis © 2010 Kanggo Kang Herman Urang Bandung. Distribution by Template Rada Hideung. Supported by Tempat Belajar Bisnis Online and Forex Broker Info